Mengarungi Samudra Kehidupan, kita ibarat pengembara hidup merupakan perjuangan yang akan jadi saksi pengorbanan. Baca Selengkapnya: Cara Membuat Tulisan Berjalan (Marquee) Pada Blog http://bisikan.com/cara-membuat-tulisan-berjalan-marquee-pada-blog#ixzz3jvtZ953R

Sabtu, 13 Juni 2015

DESAIN INSTRUKSIONAL BAHASA ARAB
Analisa kebutuhan
Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi dasar:
1. Menyimak
1.1 Mengidentifikasi kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang perkenalan secara  tepat
2. Berbicara
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks tentang ta'aruf
2.2 Melakukan dialog  dengan lancar  sesuai konteks tentang ta'aruf

Indikator:
1. Menyimak
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·   Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·    Menentukan tema dari wacana lisan
·    Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·    Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
2. Berbicara
·   Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·   Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·   Menyampaikan informasi sesuai konteks
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·   Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·   Melakukan percakapan sesuai konteks



I.  Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci dan siswa mampu melakukan perkenalan dengan tepat

II. Materi Pembelajaran:
·   Perkenalan (التعارف)
الوحدة الاولى : البيانات الشحصية
الموظف : هل أنت طالب ؟
الطالب  : نعم يا أستاذ
الموظف : ما اسمك ؟
الطالب  : أذكياء
الموظف : ما اسمك بالكامل ؟
الطالب  : أذكياء محرم البنتانى
الموظف : أريد بياناتك الشخصية
الطالب  : هذه هى بطاقتى, تفضل !
الموظف : شكرا
الطالب  : عفوا
الموظف : يا فاطمة, هل أنت طالبة فى المدرسة الثانوية الاسلامية الحكومية ؟
الطالب  : لا يا أستاذ أنا أدرس فى المدرسة الثانوية الاسلامية الاهلية
الموظف : هل معك بطاقة شخصية
الطالب  : نعم هذه هى البطاقة





III. Metode, strategi
·   Inkuiri
·   Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.         Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.         Guru mengecek kehadiran siswa
c.         Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.         Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
e.         Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f.           Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.         Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.         Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
c.         Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
d.         Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
e.         Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.           Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g.         Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
h.         Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
i.           Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
j.           Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

a.   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan


V. Media Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·   Kamus Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa Terpadu
·   Buku Al Arobiyah Baina Yadaik
VI. Penilaian / evaluasi
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis    : Individu dan Kelompok
b. Bentuk  : UH, UTS, UKK
c. Contoh  :
Simaklah dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
1.       Apa tema dialog tersebut
2.       Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·    Hasil (tes tulis)

                                                                                                                                                                                                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar