DESAIN INSTRUKSIONAL BAHASA ARAB
Analisa kebutuhan
Standar
Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi
secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis
berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dengan
struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
1. Menyimak
1.1 Mengidentifikasi
kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
1.2 Menangkap makna dan
gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang
perkenalan
secara tepat
2. Berbicara
2.1 Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks tentang ta'aruf
2.2 Melakukan dialog
dengan lancar sesuai konteks tentang ta'aruf
Indikator:
1. Menyimak
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat
yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·
Menentukan benar/salah ujaran
yang didengar
· Menentukan tema dari wacana lisan
· Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
· Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana
lisan.
2. Berbicara
·
Menirukan ujaran (kata,frasa,
kalimat) dengan tepat
·
Melafalkan ujaran (kata,frasa,
kalimat) dengan intonasi yang tepat
·
Menyampaikan informasi sesuai
konteks
§
Mengajukan pertanyaan sesuai
konteks
§
Menjawab pertanyaan sesuai
konteks
·
Menceritakan keadaan/kegiatan
sesuai konteks
·
Melakukan percakapan sesuai
konteks
I. Tujuan
Pembelejaran:
Setelah
Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana
lisan secara rinci
dan siswa mampu melakukan perkenalan dengan tepat
II. Materi Pembelajaran:
·
Perkenalan (التعارف)
الوحدة
الاولى : البيانات الشحصية
الموظف : هل أنت طالب ؟
الطالب : نعم يا أستاذ
الموظف : ما اسمك ؟
الطالب : أذكياء
الموظف : ما اسمك بالكامل ؟
الطالب : أذكياء محرم البنتانى
الموظف : أريد بياناتك الشخصية
الطالب : هذه هى بطاقتى, تفضل !
الموظف : شكرا
الطالب : عفوا
الموظف : يا فاطمة, هل أنت طالبة فى المدرسة الثانوية
الاسلامية الحكومية ؟
الطالب : لا يا أستاذ أنا أدرس فى المدرسة الثانوية
الاسلامية الاهلية
الموظف : هل معك بطاقة شخصية
الطالب : نعم هذه هى البطاقة
III. Metode, strategi
· Inkuiri
· Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar
siswa.
b.
Guru mengecek
kehadiran siswa
c.
Guru bersama siswa
mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan,
meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
e.
Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f.
Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
a.
Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.
Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
c.
Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
d.
Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
e.
Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.
Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g.
Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
h.
Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
i.
Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
j.
Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil
pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
a. Guru memberikan pertanyaan
lisan/ soal latihan hasil belajar
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada
yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah
berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang
dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
|
V. Media
Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·
Guru
·
Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Kamus Bahasa Arab
·
Laboratorium Bahasa Terpadu
·
Buku Al Arobiyah Baina Yadaik
VI. Penilaian /
evaluasi
· Proses
(pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis : Individu dan Kelompok
b. Bentuk : UH, UTS, UKK
c. Contoh :
Simaklah
dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
1.
Apa tema dialog tersebut
2.
Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·
Hasil
(tes tulis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar